Analisis Chi Square Untuk Penelitian Sosial (dan Medik)

Rp 47.300

Editor: Arif Giyanto
Available in: PDF
ISBN: 978-602-5583-27-8

Temukan di Google Play Buku

Segala pujian semata milik Allah, ilah dan rabb semesta alam, pelimpah segala nikmat, baik berupa kesehatan dan kekuatan, pemahaman, kemauan, sarana, maupun kesempatan, yang dengan semua itu penulis berdaya menulis dan menyelesaikan buku ini. Buku yang akhirnya diberi judul Analisis Chi-Square untuk Penelitian Sosial (dan Medik).

Berbeda dengan buku statistik yang telah ada, yang biasanya membahas banyak topik, buku ini hanya membahas analisis Chi-Square saja. Pilihan ini penulis ambil dengan pertimbangan analisis Chi-Square hamper tidak pernah dibahas secara lengkap dan mendalam dalam berbagai buku teks statistik, baik yang berbahasa Inggris, apalagi yang berbahasa Indonesia. Padahal, analisis Chi-Square sebenarnya memiliki beragam ukuran statistik pendukung, yang jika dipakai secara komprehensif, akan memungkinkan analisis Chi-Square diaplikasikan dalam bidang penelitian yang cukup luas.

Sebagai pengajar ilmu sosial (ilmu ekonomi), penulis awalnya menulis buku untuk penelitian bidang sosial, namun karena dalam proses penulisan beberapa bab menggunakan kasus bidang medik, maka judul buku diberi tambahan (dan Medik).

Buku ini ditulis dengan memakai kasus-kasus penelitian. Software SPSS digunakan untuk menunjukkan bagaimana data disiapkan dan bagaimana analisis Chi-Square untuk setiap kasus penelitian dilakukan. Seluruh elemen hasil analisis kemudian dibahas dan diinterpretasikan langkah demi langkah.

Berbagai rumus nilai atau koefisien statistik dalam analisis Chi-Square disajikan dan diberi ilustrasi panjang lebar sehingga filosofi dan fungsi dari setiap nilai statistik bisa tergambarkan secara baik.

Banyak pihak, yang secara langsung atau tidak langsung, membantu penyelesaian buku ini. Istri penulis, Umi Fadhilah, selalunya adalah pihak pertama dan utama, yang mesti dihamburi rasa terima kasih. Jazaakillah khairan katsiira.

Scroll to Top